Bedah UKM Serial Marketing UKM – Tokopedia Meetup Fashion

DSC_0716

Depok – Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Kepala UKM Center FEB UI, Dr. Rambat Lupiyoadi yang juga dosen di FEB UI. Di dalam sambutannya, Pak Rambat berharap para anggota dan komunitas UKM dapat terbantu dengan adanya acara Tokopedia MeetUp, dikatakan lebih lanjut bahwa kegiatan seperti ini sangat banyak sekali diadakan di UKM Center, oleh karena itu komunitas diaharapkan aktif untuk mencari informasi dan kegiatan yang dilakukan UKM Center.

DSC_0725

Setelah sambutan, acara langsung dilanjutkan dengan sambutan dari Dini Ghassani dari Business and Merchant Development Tokopedia. Secara singkat Dini memperkenalkan internet sebagai sarana berjualan untuk para anggota UKM. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin dan kali ini bekerjasama dengan UKM Center selaku tuan rumah, pada kesempatan tersebut Tokopedia memberikan Plakat sebagai ucapan terimakasih.

Selain Ghassani, Desaura Vhany yang juga Business and Merchant Development Tokopedia menjelaskan lebih rinci mengenai jualan online vs jualan offline. Desaura menjelaskan berbagai kendala yang biasa ditemui oleh para penjual ketika berjualan secara offline tidak akan ditemukan ketika berjualan online. Tambahnya, berjualan online juga dapat menghemat biaya operasional yang cukup besar yang biasanya harus dikeluarkan ketika seorang penjualan berjualan secara offline.

Peserta yang datang sekitar 100 adalah dari kalangan pengusaha fashion yang terjaring menjadi komunitas UKM Center. Permasalahan yang dihadapi oleh pebisnis fashion adalah menampilkan tampilan produk yang menarik di media online. Oleh karena itu diselipkan Tips dan Trik bagaimana menciptakan foto yang bagus untuk media online, di datangkan dari tim fotografi Tokopedia untuk workhsop bersama.

DSC_0865

Pada sesi selanjutnya, para anggota UKM Center FE UI dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk melakukan focus group discussion (FGD). Di dalam FGD ini, tiap-tiap kelompok dipandu oleh seorang mentor yang berasal dari tim Business and Merchant Development Tokopedia. Pada sesi FGD tersebut, para peserta diperbolehkan untuk “curhat” mengenai kondisi berjualan mereka selama ini dan bertanya seputar cara berjualan online, khususnya di Tokopedia. Selain itu, para anggota UKM Center tersebut juga belajar untuk membuat akun dan membuka toko di Tokopedia. Berbagai pertanyaan seputar Tokopedia pun ditanyakan oleh para peserta kepada mentor masing-masing. (eb)



Author: Ahmad Saif
Staff divisi hubungan masyarakat UKM Center FEB UI. Selalu meyakini bahwa di balik usaha yang keras akan ada hasil yang sepadan dengan perjuangan. Menguasai desain dan juga siap membantu Anda untuk melejitkan potensi usaha Anda.