Pelatihan Logical Frame Work Bisnis peserta PMW

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengadakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hasil diseleksi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). UKM Center menjadi salah satu lembaga yang kemudian menjadi pendamping bagi 20 kelompok mahasiswa yang terpilih pada program PMW UI 2017.

Untuk membekali peserta tersebut UKM Center mengadakan pelatihan Logical Framework untuk startup bisnis. Logframe merupakan suatu pendekatan perencanaan program yang disusun secara logis dengan menggunakan indikator yang jelas.  Selain itu, logframe juga digunakan sebagai management tools untuk perencanaan, penilaian, monitoring dan evaluasi.  Penyusunan logframe membutuhkan beberapa kegiatan analisis, seperti analisis stakeholder, analisis problem, analisis tujuan, dan analisis strategis. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dibangunlah matriks logframe yang merupakan rangkuman dari tujuan program, strategi mencapai tujuan, asumsi yang digunakan dan bagaimana output dan outcome dimonitor.

 

Dasril Guntara, M.Kessos sebagai narasumber pada kegiatan ini memberikan edukasi mengenai pentingnya LFW untuk mendukung pencapaian yang menjadi tujuan organisasi bahkan bisnis. Pada sesi ini, narasumber mengajak peserta pelatihan kewirausahaan PMW 2017 untuk menyusun kerangka berpikir, mengukur indikator kesuksesan, mencari metode verifikasi yang tepat dan menganalisis risiko yang mungkin muncul dalam Logical Framework.

Harapan Peserta

Salah satu peserta mengatakan bahwa dengan mengikuti LFW ini menjadi penting untuk memastikan semua rencana yang sudah disusun dapat terlaksana secara maksimal dan terukur. Peserta juga menjadi paham bagaimana kemudian menetapkan output dan outcame yang jelas untuk perkembangan bisnis nya.