Sertijab Kepala UKMC ke-7 dan Bedah UKM

UKM Center FEB UI kembali berganti Pemimpin

DSC_0260Depok, 28 Juli 2016. Pada Juli ini, UKM Center FEB UI memiliki Kepala UKM yang baru, menggantikan Mira Indrayani yaitu T.M Zakir Machmud, Ph.d. Beliau seorang dosen di Departemen Ekonomi Universitas Indonesia dan menjadi staff ahli di Kementrian Perindustrian, serta pernah aktif sebagai Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Penelitian Sosial, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI).

Pergantian kepala pimpinan dilakukan dengan penyerahan Serah Terima Jabatan yang dilaksanakan bersamaan dengan program kerja sosial bulanan UKM Center yaitu Bedah UKM. Setelah 11 tahun berjalan, UKM Center telah beberapa kali berganti kepemimpinan dan T.M Zakir Machmud merupakan pemimpin UKM Center ke tujuh.

Tanda tangan Serah Terima Jabatan antara Mira Indrayani dan T.M Zakir Machmud disaksikan oleh seluruh peserta Bedah UKM. Setelah itu T.M Zakir Machmud memberikan sambutannya sebagai Kepala Baru UKM Center yang baru. Harapannya UKM Center FEB UI bisa lebih baik dan sukses ke depannya.

Hutang dan Riba dalam Bisnis (Materi Bedah UKM 28 Juli 2016)

Jika bicara tentang bisnis, kemungkinan akan bicara juga tentang hutang dan riba. Kerap kali jika seseorang akan memulai bisnis atau sudah menjalani bisnis biasanya akan berurusan tentang yang namanya hutang – piutang, dan ketika berbicara tentang hutang akan berhubungan dengan riba. Jadi, apa itu riba dan hutang dalam bisnis ?

Kali ini UKM Center FEB UI mengadakan kegiatan Bedah UKM dengan tema “Menguatkan Bisnis Tanpa Hutang dan Riba.” di Student Center FEB UI dengan menghadirkan Banu Muhammad selaku Kepala PEBS FEB UI dan Akhmad Basori selaku Wakil Rektor Universitas Umar Usman sebagai narasumber hari ini.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Mira Indrayani sebagai ketua UKM Center yang lama kepada T.M Zakir Machmud sebagai ketua UKM Center yang sekarang, setelah melakukan serah terima jabatan langsung masuk ke acara inti yaitu talkshow dengan para narasumber yang dipandu oleh moderator yaitu Eko Budi Wa selaku perwakilan UKM Center FEB UI.

Materi talkshow pertama membicarakan mengenai riba yang dipaparkan oleh Banu Muhammad. Beliau mengatakan mengenai hukum riba dan jenisnya

“dalam islam riba diharamkan, kita penting menjauhkan.” Kata Banu menutup talkshow

DSC_0274

Setelah itu dilanjutkan dengan materi hutang yang dipaparkan oleh Akhmad Basori, beliau menjelaskan mengenai cara membayar hutang dalam bisnis dan sifat – sifat apa saja yang harus dijauhkan agar dapat membayar hutang, Akhmad Basori mengingatkan “Yang terpenting harus mendekatkan diri ke Allah SWT” Akhmad

DSC_0298

Kemudian acara talkshow ditutup oleh moderator dan dikembalikan kepada MC untuk menutup acara Bedah UKM hari ini. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan hadirnya beberapa peserta binaan UKM Center FEB UI, seperti Snack Afiyah, BDigital, Nara Handycraft, dan Papies Juice. Mereka datang untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produk yang mereka hasilkan.