Workshop Digital Marketing, Kembangkan UMKM jadi Bisnis Kelas Dunia

Depok – Digital marketing saat ini menjadi tren yang mulai berkembang di dalam dunia wirausaha. Hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan layanan internet untuk keperluan sehari-harinya. Tentu saja, ini adalah peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) untuk merambah pasar yang lebih luas.

Untuk mengembangkan pasarnya, UMKM harus mampu terjun ke dalam dunia maya dan memiliki trik-trik khusus untuk dapat memikat lebih banyak pelanggan untuk membeli produknya. Namun, terdapat masalah pokok yang dihadapi oleh para UMKM ini yaitu kebanyakan dari mereka masih belum mengenal teknologi atau gaptek (gagap teknologi). Oleh karena itu, pada tanggal 12 November 2016 bertempat di Hotel Santika Depok, UKM Center FEB UI bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang (ANTAM), Tbk. mengadakan event Workshop Digital Marketing“.

Workshop Digital Marketing
T.M. Zakir Machmud memberikan opening speech

Event ini diikuti oleh 40 mitra binaan bersama UKM Center FEB UI dan PT. ANTAM, Tbk. dan turut dihadiri oleh Ir. Agus Yulianto, M.M. selaku VP CSR PT. ANTAM, Tbk., T.M. Zakir Machmud, Ph.D. selaku Kepala UKM Center FEB UI dan Dr. Rambat Lupiyoadi selaku Wakil Kepala UKM Center FEB UI. Sebagai pembuka, T.M. Zakir Machmud membahas mengenai pentingnya peran UMKM dalam pasar global dan mengapa mereka harus mulai memasuki dunia digital sebagai langkah baru untuk pengembangan usaha. Senada dengan itu, Agus Yulianto menyampaikan bahwa untuk dapat lebih berkembang, UMKM perlu mempelajari teknologi sehingga tidak tertinggal, terus bertahan dan menjadi usaha yang besar.


Ir. Agus Yulianto, M.M. membuka Workshop Digital Marketing

Dalam sesi pertama, workshop ini menghadirkan Isparmo, seorang pakar internet marketing yang sudah lama malang melintang di dunia marketing melalui dunia maya. Isparmo mengajarkan bagaimana mengolah Facebook yang digunakan sehari-hari agar menjadi salah satu alat untuk memasarkan produk yang dimiliki oleh UMKM. Mulai dari membuat halaman untuk promosi produk, hingga sampai trik dan tips berjualan menggunakan Facebook.

Workshop Digital Marketing

Isparmo menyampaikan materi terkait Facebook Marketing

Tak kalah serunya, dalam sesi kedua menghadirkan seorang praktisi dan juga pelaku usaha dari Bukalapak yaitu Teguh Awee. Teguh Awee sendiri merupakan seorang pelapak yang beberapa tahun terakhir menggeluti dunia perdagangan melalui platform yang disediakan oleh Bukalapak. Teguh menceritakan keuntungan dalam berjualan online dan memberikan tips untuk bisa lebih mudah memenangkan persaingan dalam berjualan di dunia maya. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang dilakoni selama melapak, Teguh memberitahu cara untuk dapat menyiasati agar produk dapat selalu muncul di dalam pencarian produk oleh Bukalapak. Salah satu yang menarik adalah dengan menggunakan kata kunci yang pas dengan apa yang dibutuhkan oleh orang.

Workshop Digital Marketing

Teguh Awee berbagi pengalaman dalam berjualan online

Setelah peserta puas berbagi ilmu dengan para narasumber yang ciamik, acara ditutup oleh Dr. Rambat Lupiyoadi selaku Wakil Kepala UKM Center FEB UI dan foto bersama semua peserta dengan narasumber.

Workshop Digital Marketing

Dr. Rambat Lupiyoadi membagikan hadiah kepada para peserta

Dengan mengadakan Workshop Digital Marketing ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih membuka wawasannya mengenai dunia digital dan dapat mulai memasarkan produknya ke seluruh pelosok dunia. Membuka jalan untuk menjadi UMKM yang mendunia. (as/eb)



Author: Ahmad Saif
Staff divisi hubungan masyarakat UKM Center FEB UI. Selalu meyakini bahwa di balik usaha yang keras akan ada hasil yang sepadan dengan perjuangan. Menguasai desain dan juga siap membantu Anda untuk melejitkan potensi usaha Anda.